Minggu, 21 Juni 2009

fullmetal alchemist

Fullmetal Alchemist

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(Dialihkan dari Full metal alchemist)
Langsung ke: navigasi, cari
Fullmetal Alchemist
Logo Fullmetal Alchemist
鋼の錬金術師
(Hagane no Renkinjutsushi)
Ragam Fantasi, Petualangan, Drama, Aksi, Shōnen, Komedi
Manga
Dikarang oleh Hiromu Arakawa
Penerbit Square Enix
Diterbitkan dalam Monthly Shonen Gangan
Diterbitkan tanggal Februari 2002 – masih berlanjut
Jumlah buku 16 jilid, dengan total 70 bab (per 10 April 2007)


Anime televisi
Disutradarai oleh Seiji Mizushima
Dibuat oleh Bones
Jaringan MBS-TBS, Animax
Ditayangkan tanggal 4 Oktober 20032 Oktober 2004
Jumlah episode 51


Film: Conqueror of Shamballa
Disutradarai oleh Seiji Mizushima
Studio Bones
Rilis 23 Juli 2005
Waktu tayang 105 menit


Tulisan "manga" dalam Kanji dan hiragana
Artikel ini adalah bagian
dari seri Manga
Daftar manga
Menurut judul versi
bahasa Indonesia

Simbol - A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z

Daftar manga-ka

A - B - C - E - F - H - I - K - M - N - O - R - S - T - U - W - Y

Fullmetal Alchemist (鋼の錬金術師 Hagane no Renkinjutsushi?) adalah sebuah anime dan manga karya Hiromu Arakawa. Fullmetall Alchemist diterbitkan dalam majalah manga Monthly Shonen Gangan sejak tahun 2002 dan dalam bentuk tankobon oleh Square Enix. Di Indonesia, komik ini diterbitkan Elex Media Komputindo sejak Mei 2007.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sinopsis

Edward Elric dan Alphonse Elric awalnya hidup bahagia dengan orangtua mereka. Tetapi karena pekerjaan ayahnya adalah alkimis, ayahnya yang bernama Van Hohenheim sering bepergian keluar rumah, sehingga Ed dan Al hanya tinggal bersama ibunya, Trisha Elric. Trisha lama-lama jatuh sakit dan akhirnya meninggal. Ed dan Al yang saat itu masih kecil, namun sudah mewarisi bakat ayahnya sebagai alkimis mencoba menghidupkan kembali sang ibu. Namun hal itu gagal dan tubuh Al serta kaki kiri Ed diambil sebagai "biaya masuk". Ed yang panik akhirnya memindahkan roh Al ke dalam baju zirah dengan bayaran tangan kanannya. Di tengah keputusasaannya, Ed mendapat tawaran untuk menjadi seorang alchemist kenegaraan. setelah mempertimbangkan keuntungan memperoleh berbagai hak istimewa sehingga ia bisa menyelidiki dan mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka, Ed menerima tawaran itu. Tangan dan kaki Ed pun diganti dengan automail. Setelah itu, Ed mengikuti tes ujian alchemist kenegaraan dan lulus sebagai alchemist kenegaraan termuda dalam sejarah dan mendapat julukan Fullmetal Alchemist. Bersama dengan Al, dimulailah petualangan Ed guna mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka.

Dalam petualangan mereka, mereka menemukan bahwa militer bekerja sama dengan Homunculus untuk menghancurkan Amestris. Homunculus-homunculus tersebut diperintahkan secara khusus oleh orang yang disebut dengan julukan "Ayah." Ayah ini adalah Homunculus pertama yang ada di dunia. Dalam versi manga, homunculus ini pertama tertangkap dalam sebuah botol kecil. Homunculus dapat hidup karena darahnya Van Hohenheim diberikan sedikit kepada Homunculus. Van Hohenheim berteman akrab dengan Homunculus ini sampai suatu hari raja di Cselk Cess meminta kepada Homunculus untuk mendapatkan hidup abadi. Setelah Homunculus memberi tahu caranya, dimulailah pembuatan lingkaran transmutasi oleh raja Cselk Cess. Ternyata Homunculus menipu raja dan semua orang di Cselk Cess menjadi kurban dalam pembuatan batu bijak. Karena dulu Van Hohenheim menolong Homunculus, maka Homunculus memberikan hidup abadi kepada Van Hohenheim sebagai imbalan dengan menggunakan setengah batu bijak. Setengahnya lagi dipakai oleh Homunculus untuk merubah dirinya menjadi mirip seperti Van Hohenheim. Oleh sebab itu, Ed, Al, dan teman-temannya berusaha keras untuk mencegah "Ayah" dalam menghancurkan Amestris.

[sunting] Tokoh-tokoh

Edward Elric
Edward Elric adalah tokoh utama cerita ini. Ia adalah seorang yang tempramental dan mudah terpancing emosi. Badannya yang pendek membuat ia dijuluki kontet oleh setiap orang yang melihatnya. Kadang-kadang, orang salah kira, apakah Al kakaknya atau adiknya, karena Al lebih tinggi daripada dia. Meski begitu, ia sangat menyayangi adiknya, Al karena merupakan keluarga satu-satunya. Ed sangat benci pada ayahnya karena menurutnya gara-gara ayahnya ibunya meninggal. Apalagi karena ayahnya selalu sok bego.
Alphonse Elric
Kebalikan dari kakaknya, Alphonse (Al) adalah orang yang sangat lembut dan pencinta kucing. Ia sering menahan agar kakaknya tidak cepat ngamuk. Al pernah ragu pakah dia benar-benar ada atau ia cuma ciptaan Ed semata (karena hasutan Creed). Namun akhirnya dia sadar dan yakin bahwa kakaknya benar-benar menyayanginya.
Winry Rockbell
Winry adalah teman Ed dan Al semasa kecil. Orangtua Winry adalah dokter yang bertugas pada saat perang Ishvall (Ishvall Massacre). Orangtua Winry terbunuh pada saat itu, dan akhirnya Winry hanya hidup berdua bersama neneknya, Pinako Rockbell. Winry adalah mekanika automail nya Ed. Dia dan neneknya adalah pembuat automail Ed. Pada versi anime pembunuh orangtua Winry adalah Roy Mustang namun dalam manga pembunuhnya adalah Scar.

[sunting] Militer Kenegaraan

Lihat lebih lengkap: Karakter Militer Kenegaraan di Fullmetal Alchemist

Roy Mustang

Roy Mustang adalah kolonel (taisha) yang juga alkimis (alchemist-orang yang bisa menggunakan kekuatan alchemy)negara . Julukannya adalah Flame Alchemist meskipun alkimianya nggak berguna ketika hujan. Cita-citanya adalah menjadi Fuhrer/Presiden. Taisha yang agak genit ini berkata bahwa cita-citanya menjadi Fuhrer karena ingin membuat semua tentara wanita memakai rok mini karena itu Jean Havoc dan lainnya bersumpah setia padanya. Padahal, ia menjadi Fuhrer karena tidak ingin terjadi perang seperti perang saudara di Isvhar lagi.Lysa 03:48, 8 Agustus 2007 (UTC)

Riza Hawkeye

Riza adalah Letnan Pertama (chu'i) di Militer. Ia merupakan tangan kanan Roy Mustang dan selalu berada di samping Roy Mustang. Selain itu, dia merupakan penembak jitu yang handal dan disebut "Si Mata Elang" di kemiliteran. Dia sangat setia pada Roy Mustang (mungkin cinta?). Dia juga lembut pada Elric bersaudara seperti ibu mereka.

Maes Hughes

Hughes berpangkat Letnan Kolonel yang merupakan sahabat Roy Mustang. Dia merupakan maniak keluarga, dan sangat sayang pada keluarganya, yaitu istrinya, Gracia dan anak perempuannya Elicia. Hughes dibunuh oleh Envy yang menyamar sebagai istrinya.

Jean Havoc

Havoc yang merupakan perokok ini berpangkat Letnan Dua. Dia salah satu anak buah Roy Mustang yang setia pada Roy (selain alasan karena rok mini). Dia juga sangat sial karena bila sudah dapat pacar, entah kenapa Roy pasti memberinya tugas yang mengaruskan dia memutuskan pacarnya itu (misal karena pindah tugas, dll). Intinya, dia nggak berbakat punya pacar.

[sunting] Homunculus

King Bradley

Menjalani hidup sebagai manusia meskipun seorang homunculus, ia adalah Fuhrer alias Presiden di Amestris. Dia menjadi homunculus karena pada saat pemilihan Fuhrer, ia adalah satu-satunya orang yang tetap hidup meskipun disuntikkan Philosopher's Stone, batu legenda yang merupakan inti homunculi. Karena homunculi tidak bisa ber reproduksi , ia mengadopsi anak. Anaknya sangat mengagumi Edward. Di versi anime ia tidak segan-segan mencoba membunuh anaknya untuk melakukan keinginannya.

Envy

Envy adalah homunculi yang kejam. Ia bisa mengubah dirinya menjadi orang yang berbeda. Karena dialah perang Ishvall dimulai. Dia berubah wujud menjadi salah seorang tentara dan menembak kepala seorang anak. Envy juga membebaskan Kimbley untuk mengejar Scar dan Dokter Marco yang melarikan diri.

'Lust

Lust yang mati dibunuh Roy Mustang ini adalah homunculi yang sangat cantik. Ia menyamar menjadi perempuan bernama Solaris dan memacari Jean Havoc untuk mengetahui rahasia militer. Namun Havoc bukan tipe orang yang mencampur urusan pribadi dengan pekerjaan. Di anime diketahui bahwa Lust adalah pacar kakak Scar yang meninggal saat perang.

'Wrath

Homunculus yang hanya muncul di anime. Ia merupakan anak dari Guru Ed dan Al, Izumi Curtis. Izumi yang gagal mentransmutasikan anaknya sehingga anaknya menjadi homunculi. Dia meminta Alphonse untuk mentransmutasikan dirinya sebagai biaya masuk agar Al bisa bertemu dengan Ed lagi dalam movie Conqueror of Shambala. Homunculus ini muncul di manga Fullmetal Alchemist sebagai King Bradley.

Pride

Dalam manga Fullmetal Alchemist, Pride adalah anak adopsi dari King Bradley yaitu Selim Bradley. Semua tidak mengira bahwa Selim Bradley adalah Homunculus sampai ketika Lt.Hawkeye datang ke rumah King Bradley untuk menyampaikan suratnya dan ia bertemu dengan Selim saat berjalan pulang. Selim mengaku bahwa dirinya adalah Homunculus pertama yang disebut Pride.

Gluttony

Homunculus yang muncul selalu bersama dengan Lust saat Lust masih hidup. Ia adalah Homunculus gendut yang hanya memikirkan makan saja. Walaupun ia memiliki muka yang culun, tetapi jangan meremehkan Homunculus yang satu ini. Jika Gluttony marah ia dapat membuka perutnya untuk menelan segala yang ada di sekitar dia.

Greed

Greed adalah satu-satunya Homunculus yang berkhianat. Ia lebih memilih untuk hidup sendiri tanpa teman-teman Homunculusnya. Yang selalu Greed katakan adalah "Aku ingin segalanya yang ada di dunia ini." Dalam versi manganya setelah Greed mati oleh "Ayah" (Ketua dari semua Homunculus yang biasa dipanggil Ayah), Greed dibentuk lagi, tetapi dengan mengambil tubuh Lin (Pangeran dari negeri Xing).

Sloth

Dalam versi manga, Sloth adalah Homunculus yang diciptakan untuk menggali pertambangan yang membentuk lingkaran transmutasi, sehingga seluruh negeri Amestris dikelilingi lingkaran transmutasi. Lingkaran transmutasi ini direncanakan oleh "Ayah" untuk membuat batu bijak dengan kurban semua orang yang ada di Amestris.

Ayah

Dia adalah Homunculus pertama kali yang ada di dunia. Dalam versi manga, homunculus ini pertama tertangkap dalam sebuah botol. Homunculus dapat hidup karena darahnya Van Hohenheim diberikan sedikit kepada Homunculus. Van Hohenheim berteman akrab dengan Homunculus ini sampai suatu hari raja di Cselk Cess meminta kepada Homunculus untuk mendapatkan hidup abadi. Setelah Homunculus memberi tahu caranya, dimulailah pembuatan lingkaran transmutasi oleh raja Cselk Cess. Ternyata Homunculus menipu raja dan semua orang di Cselk Cess menjadi kurban dalam pembuatan batu bijak. Karena dulu Van Hohenheim menolong Homunculus, maka Homunculus memberikan hidup abadi kepada Van Hohenheim sebagai imbalan dengan menggunakan setengah batu bijak. Setengahnya lagi dipakai oleh Homunculus untuk merubah dirinya menjadi mirip seperti Van Hohenheim.

[sunting] Sequel

Fullmetal Alchemist dibuat satu movie, yaitu Fullmetal Alchemist: Conqueror of Shambala, Alchemist vs Homunculi dan Kids OVA serta Fullmetal Alchemist Chibi Party, yaitu meeting para pemeran seusai syuting Conqueror of Shambala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar