Senin, 22 Juni 2009

SONY PSP

PlayStation Portable

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(Dialihkan dari Sony PSP)
Langsung ke: navigasi, cari
Playstation Portable
PSP White

PlayStation Portable (secara resmi disingkat PSP), adalah sebuah konsol permainan genggam-tangan (handheld) yang dibuat oleh Sony Computer Entertainment. Pembuatan konsol ini pertama kali diumumkan dalam acara E3 2003, dan diluncurkan pada tanggal 11 Mei 2004 dalam sebuah konferensi pers Sony sebelum E3 2004 dimulai. Peluncuran resmi PSP di Jepang dilakukan pada 12 Desember 2004, di Amerika Utara pada 24 Maret 2005, di daerah Asia pada Mei 2005 dan di Eropa pada akhir 2005.

PSP merupakan semacam platform hiburan dan diposisikan untuk memainkan permainan video, film dan musik, serta menampilkan foto digital. PSP merupakan konsol permainan pertama yang menggunalan Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpanannya melainkan menggunakan cartridge ROM solid yang konvensional. UMD memiliki ukuran fisik yang lebih kecil daripada CD biasa namun berkapasitas lebih besar hingga 1,8 GB. Selain itu, PSP juga mempunyai dukungan Memory Stick Sony (PRO Duo), fitur dukungan jaringan nirkabel Wi-Fi, batere yang dapat diisi ulang serta dilepas, layar LCD lebar, dan stik analog panel datar yang dapat disorong keluar. Fitur jaringan PSP mendukung konektivitas konsol ini dengan PlayStation 3, PSP lainnya, dan internet.

Saat peluncurannya, PSP dianggap sebagai konsol permainan genggam-tangan dengan fitur dan kemampuan multimedia yang superior. Namun, penjualan konsol ini ternyata terkalahkan oleh pesaing utamanya, Nintendo DS yang diluncurkan oleh Nintendo, pada masa-masa awal peluncuran kedua konsol genggam-tangan ini. Fakta ini mendorong Sony untuk mendesain dan memproduksi ulang PSP dengan model yang lebih ergonomis dan ringan, secara resmi disebut PSP Slim and Lite, pada awal September 2007.

[sunting] Kritik

Kritik sering dijatuhkan kepada PSP karena PSP tidak memiliki stik analog kanan, yang biasanya dimiliki oleh konsol game generasi modern, sehingga menyulitkan kendali dalam beberapa game. Hal ini mungkin disebabkan karena PSP bisa menjadi tidak stabil jika digenggam dengan kedua tangan menggunakan stik analog.Psp juga tidak memiliki touchscreen mode.

[sunting] Lihat pula

[sunting] Pranala luar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar